Saat menyampaikan pengarahannya, Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti
menegaskan bahwa pemanfaatan sistem yang ada diharapkan dapat memberi
kontribusi positif bagi instansi. “Yang perlu menjadi perhatian adalah
bagaimana sistem informasi ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan
yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan yang berujung pada
meningkatnya citra instansi. ” jelas Usman Gumanti. Usman menambahkan
bahwa saat ini Informasi bagai darah bagi manusia, untuk itu organisasi
yang tidak dapat mengelola informasi dengan baik dan tertib akan
beresiko yang pada akhirnya akan mengalami ketertinggalan. Namun
demikian, Usman mengingatkan bahwa selain kecepatan, perlu adanya
akurasi dalam menyampaikan informasi. Oleh karenanya perlu kehati-hatian
dan meminimalisir perbedaan antara informasi dan kondisi yang
sebenarnya.
Usman juga menyampaikan bahwa membangun e-office yang saat ini gencar
dilakukan di BKN adalah untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada
dengan memulai membagi sistem informasi. Saat ini adalah era informasi
dengan memberikan pelayanan kepada semua pihak dengan lebih baik, dan
tujuan utama pembuatan sistem ini adalah untuk ekonomis dan efisien atas
kerja yang dilakukan. Pentingnya individu yang mengendalikan informasi
juga ditekankan oleh Usman agar tidak terjadi kesalahan informasi.
“Sebagus apapun sistem yang dibuat, tetap membutuhkan personel yang
bertanggung jawab, karena apabila ada informasi salah yang dimasukkan,
maka akan berakibat salah dan sumber kesalahan ada pada individu yang
bersangkutan,” jelas Usman.
Workshop ini dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung II BKN Pusat
Jakarta dan diikuti oleh seluruh pejabat sub bagian Tata Usaha dan para
pegawai yang mengelola barang di Biro Umum BKN.
Sumber: http://www.bkn.go.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar